SEKILAS INFO
: - Kamis, 29-10-2020
  • 4 bulan yang lalu / KBMI dan PHP2D 2020 telah dibuka
  • 4 bulan yang lalu / Selama COVID-19 pendaftaran maba melalui https://admisi.tiumpwr.com/

PSTI dalam menyelenggarakan pendidikan telah mengacu Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) rumusan kompetensi disebut capaian pembelajaran (learning outcome). Sesuai KKNI capaian pembelajaran (CP) terdiri dari Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus. Maka dalam persepsi ini ketiga kompetensi pada Nomor 45 Tahun 2002 terintegrasi dengan capaian pembelajaran sesuai Nomor 44 Tahun 2015 yang terdiri dari Sikap, Pengetahuan, Kompetensi Khusus dan Kompetensi Umum.

Capaian pembelajaran PSTI merujuk pada rumusan visi misi program studi, fakultas dan universitas. Selain itu kurikulum PSTI juga mengacu pada rumusan kompetensi yang dikembangkan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dan IEEE Computer Society, terbit pada 10 Desember 2017, ISBN 978-1-4503-6416-4 DOI: 10.1145/3173161.

Kompetensi utama lulusan tercermin dalam Capaian Pembelajaran (CP). Lebih jelas capaian pembelajaran yang mendukung kompetensi utama terdiri dari Sikap, Ketrampilan Umum, dan Penguasaan Pengetahuan. Unsur CP pertama yaitu unsur sikap merupakan cerminan sikap dan tata nilai sebagai warga negara Indonesia. Sikap dan tata nilai ini terinternalisasi selama proses pembelajaran. Unsur CP kedua yaitu unsur ketrampilan umum merupakan ketrampilan kerja umum dan tanggungjawab menurut tingkat dan jenis perguruan tinggi. Unsur CP ketiga yaitu unsur penguasaan pengetahuan merupakan tingkat penguasaan, keluasan dan kedalaman pengetahuan yang menjadi ciri program studi. Berdasarkan unsur capaian pembelajaran tersebut, PSTI berupaya untuk menghasilkan lulusan unggul di bidang teknologi smart city, mandiri, dan berlandaskan nilai-nilai keIslaman.

Capaian pembelajaran PSTI untuk Aspek Sikap dan Tata Nilai:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalanka tugas berdsarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

Selain rumusan sikap dan tata nilai dari SN-DIKTI, sikap yang perlu dimiliki lulusan UM Purworejo yaitu: Menerapkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan baik di lingkungan akademik dan di masyarakat.

Aspek Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidiang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun diluar lembaga.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi.

Aspek Penguasaan Pengetahuan:

  1. Memiliki kepribadian yang tangguh, berakhlak mulia dan mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi yang dinamis.
  2. Memiliki kemampuan mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi, mampu memilih pendekatan/metode/teknik/algoritma yang sesuai dan mampu merepresentasikan pengetahuan dan daya nalar dalam menemukan suatu solusi.
  3. Memiliki daya nalar atau logika dalam memecahkan suatu permasalahan yang ditransformasikan ke dalam sistem atau aplikasi menggunakan sebuah algoritma.
  4. Menguasai konsep, analisis, merancang, membuat dan mengimplementasi sistem informasi, aplikasi game, aplikasi multimedia pada perangkat digital, programmable logic dan mobile computing.
  5. Menguasai prinsip pemodelan matematika, program linear, metode numerik dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan logika.
  6. Menguasai konsep, ilmu statistika untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
  7. Menguasai prinsip dasar sistem jaringan komputer dalam pengembangan sistem berbasis LAN maupun WAN.
  8. Menguasai instalasi jaringan komputer, mengelola, melakukan pemetaan dan memelihara jaringan.
  9. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, bertanggungjawab, berkoordinasi, merekomendasikan dan memberi penjelasan terkait teknologi informasi sesuai kebutuhan organisasi.
  10. Memiliki jiwa usaha, kemampuan penguasaan perangkat teknologi informasi, berkomunikasi dengan baik, jujur, beretika, tanggungjawab dan menjalin komunikasi.

Kompetensi pendukung lulusan tercermin dalam capaian pembelajaran keterampilan khusus. Aspek keterampilan sangat mendukung tata nilai, kompetensi utama dan pengetahuan.

Aspek Keterampilan Khusus:

  1. Mampu menerapkan profesionalitas, berakhlak mulia, mandiri, beretika dan nilai-nilai keislaman.
  2. Mampu menganalisa, merancang, membuat, memelihara menguji dan mengembangkan aplikasi dan menyajikan data menjadi informasi sesuai kebutuhan organisasi.
  3. Mampu menganalisa, mengidentifikasi, membuat dan menguji sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman atau tools tertentu.
  4. Mampu mentransformasikan komputasi numeris ke dalam langkah atau prosedur pada suatu algoritma, metode dan teknik, sehingga menghasilkan sebuah informasi.
  5. Mampu mengevaluasi perangkat lunak pada berbagai organisasi, lingkup dan kondisi yang berkaitan dengan interaksi manusia dan komputer.
  6. Mampu menerapkan konsep arsitektur komputer, membangun, mengelola sistem jaringan komputer secara kontinyu dan mengidentifikasi cara kerja perangkat jaringan komputer.
  7. Mampu memiliki jiwa usaha yang mandiri, jujur, profesional, beraklak mulia, daya juang dan sanggup berkompetisi dalam dunia bisnis.
  8. Mampu memberikan rekomendasi solusi bisnis bagi organisasi.
  9. Mampu membuat, menggunakan, mengoperasikan perangkat teknologi multimedia dan menghasilkan aplikasi mobile.
  10. Memiliki sifat dinamis, ingin berkembang, berjiwa seni, mampu berkreasi, menghasilkan karya inovasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Aspek Kompetensi Tambahan / Pilihan Lulusan

Kompetensi tambahan atau pilihan di PSTI didasarkan pada visi misi yang telah ditetapkan sebagai lulusan yang mandiri dan berlandaskan nilai-nilai keislaman. Berikut kompetensi tambahan bagi lulusan PSTI:

  1. Memiliki kepribadian yang tangguh, cepat beradaptasi di masyarakat, berjiwa profesional.
  2. Mampu berorganisasi, memimpin, mengelola badan usaha, berjiwa technopreneur.
  3. Mampu menjaga kelsetarian seni dan budaya bangsa, berkontribusi dalam mengembangkan IPTEK di Indonesia

Memiliki kemampuan mengembangkan kewirausahaan dan kemampuan melaksanakan dan menyebarkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan di kalangan masyarakat.

Maps Kampus

Download APK


Download APK

Teknologi Informasi


Pada tahun 2025 unggul di bidang teknologi smart city, mandiri dan berlandaskan nilai-nilai keislaman. Unggul pada pengembangan sistem informasi, arsitektur jaringan dan multimedia. Mandiri dalam menghasilkan lulusan yg memiliki daya saing, kompeten dan beretika. Berlandaskan nilai-nilai keislaman yaitu memiliki kepribadian tangguh, beraklak mulia dan mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi yg dinamis.

Program studi TI berkonsentrasi pada tiga bidang yaitu sistem informasi, arsitektur jaringan dan Multimedia.

Data Kampus

PSTI UM Purworejo

Jl. KH. Ahmad Dahlan 6
KEC. Kec. Purworejo
KAB. Kab. Purworejo
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 54111
TELEPON 0275-321494
FAX 0275-321494
EMAIL [email protected]